DISKUSI PENDIDIKAN AUTIS

Setelah sebelumnya melakukan pra-acara dengan mengadaan kegiatan kampanye peringatan hari autis sedunia, kali ini HIMA PLB UNY menggelar acara puncak. Acara puncak yang bertajuk Diskusi Pendidikan Autism ini mengusung tema penanganan terpadu guna meningkatkan potensi Autis. Acara Diskusi Pendidikan Autism ini diselenggaraka pada hari sabtu, 4 mei 2019. Tempat pelaksanaan adalah di ruang Ki Hajar Dewantoro, Faultas Ilmu Sosial UNY.

Peserta diskusi berasal dari berbagai kalangan, diantaranya terdapat mahasiswa baik itu berasal dari prodi PLB maupun prodi lain, guru, orangtua, maupun masyarakat yang masih awam dengan dunia Autis. Dari banyaknya peserta yang hadir, terdapat salah satu peserta yang menarik perhatian karena ia merupakan peserta yang maish duduk di bangku SMA. Dapat kita apresiasi bersama, meskipun peserta tersebut mash belia, namun ia sudah mulai tertarik dengan dunia pendidikan luar biasa, terutama dunia Autism.

Diskusi pendidikan Autism kali ini membahas Autis dari tiga sudut pandang keilmuan yang berbeda. Yakni dari sudut pandang pendidikan yang diisi oleh Ibu sukinah, M.Pd selaku dosen dalam bidang pendidikan Autis, sudut pandang medis oleh ibu dr. Atien Nur Chamidah, M.Dis.St selaku dosen Tumbuh kembang Anak PLB UNY, serta dari sudut pandang terapis oleh bapak Taufik Budi Laksono selaku terapis dari Pusat Layanan Autis di Yogyakarta.

Selain penyampaian materi oleh para ahli, terdapat juga penampilan dari Kiki, salah satu siswa penyandang Autis yang memainkan Biola. tak kalah ramainya, terdapat penampilan dari grup Soundsation PLB dengan mengcover lagu menggunakan bahasa isyarat. Ibu Sukinah mengatakan bahwa, “Anak Autis merupakan seorang individu yang mempunyai kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan” oleh karenanya Anak Autis perlu mendapatkan penanganan yang terpadu dan senantiasa mengembangkan potensinya secara optimal. (HIMA)

Tags: