Visi Misi Prodi PLB

VISI, MISI, TUJUAN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI PLB

PERIODE 2011-2015

 

A.    PENGANTAR

        Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta ada sejak masih IKIP YOGYAKARTA dan berkembang dikarenakan untuk menjawab tantangan kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan. Bidang pendidikan bagi anak atau para penyandang berkebutuhan khusus yang semakin perkembangan zaman, juga semakin bertambah prevalensi maupun jenisnya. Di satu pihak, perkembangan hak asasi di dunia juga semakin menuntut persamaan hak pendidikan yang sama dari penyandang berkebutuhan khusus, sehingga berimplikasi perlunya layanan pendidikan yang inklusif. Pendidikan inklusif juga sebagai upaya untuk mewujudkan “Education for All . Wacana tersebut di satu pihak merupakan peluang untuk berkembangnya program studi Pendidikan Luar Biasa, di pihak lain tantangan global juga menuntut adanya guru yang berkualitas untuk membina anak-anak berkebutuhan khusus dalam mandiri di masyarakat. Untuk itu, wacana ke depan perlu juga diskemakan tantangan dan peluang yang melingkupi perkembangan dari Program Studi Pendidikan Luar Biasa, sebagai berkut:

Berdasarkan peta ekologis tersebut, gambaran besar yang melingkupi Prodi PLB terdiri dari dua dimensi utama, yaitu:

  1. Lingkungan mikro atau internal Prodi yang di bawah naungan civitas akademika Jurusan sebagai jati diri, karakteristik Prodi meliputi atmosfir dan budaya akademik, manajemen, Prodi, fasilitas dan dukungan anggaran.

a)      Atmosfir dan budaya akademik di Prodi PLB merupakan salah satu ciri utama yang sangat menentukan karakteristik Program Studi. Penciptaan iklim akademik yang kondusif tidak hanya berkembang dalam proses pembelajaran di kelas, tetapi juga harus dikembangkan dalam suasana informal di luar perkuliahan.

b)      Manajemen Program Studi. Pengelolaan program studi PLB didukung oleh Dosen pada level Jurusan dilaksanakan secara simultan dengan program yang telah dirancang oleh Universitas dan Fakultas. Untuk itu, Rencana Strategis Universitas dan Fakultas menjadi pedoman untuk arah pengelolaan pengembangan Program Studi.

c)      Fasilitas yang dimiliki oleh jurusan PLB merupakan salah satu modal utama yang mendukung kelancaran dan keberhasilan kegiatan akademik. Secara minimal, fasilitas ruang kuliah, laboratorium, dan fasilitas pendukung lainnya dapat berfungsi secara baik. Walaupun demikian, fasilitas yang ada belum dikembangkan dan diberdayakan secara maksimal untuk peningkatan kualitas layanan akademik, termasuk pula di dalamnya keterbatasan sumber-sumber belajar bagi mahasiswa.

d)     Dari sisi dukungan anggaran, jurusan PLB selama ini masih mengandalkan sumber dana yang dikelola oleh fakultas, seperti anggaran pembangunan, anggaran rutin, dan sumber dana masyarakat (biaya pendidikan, program swadana, dan sumbangan lain yang tidak mengikat). Di luar sumber pendanaan tersebut, sebenarnya Program Studi memiliki potensi yang luas untuk mengembangkan sumber anggaran berbasis kemandirian jurusan sebagai penaung Prodi. Layanan profesional bidang konsultasi dan penanganan anak berkebutuhan khusus merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan oleh jurusan untuk mengembangkan dukungan anggaran.

e)      Kompetensi akademik jurusan dalam menyelenggarakan program studi merupakan salah satu karakteristik penting dalam lingkungan mikro jurusan. Struktur kompetensi ini sangat terkait dengan bidang keahlian masing-masing dosen. Harus disadari bersama bahwa basis pengetahuan atau epistem layanan PLB merupakan hasil peleburan interdisipliner berbagai fundamen ilmu, seperti ilmu pendidikan, psikologi, medis dan sosio-antropologis, bahkan dewasa ini cenderung menunjukkan watak teknologis. Oleh karena itu, kita tetap perlu memegang komitmen tentang studi lanjut dosen yang harus tetap berkonsentrasi pada program yang linear dan serumpun dengan bidang keahlian masing-masing, sekaligus pemetaan kebutuhan formasi dosen yang sesuai dengan kebutuhan jurusan/prodi.

  1. Lingkungan makro atau eksternal jurusan yang menggambarkan dinamika perubahan eksternal dan implikasinya terhadap jurusan. Dinamika eksternal ini meliputi tuntutan stakeholder dan masyarakat luas, tuntutan profesional organisasi profesi, relasi interdisipliner jurusan dengan bidang ilmu terkait.

a)      Tuntutan dan kebutuhan stakeholder dan masyarakat luas juga sangat berpengaruh pada jurusan. Tuntutan stakeholder dan pengguna tercermin dari animo masyarakat yang masih relatif besar terhadap program studi Pendidikan Luar Biasa yang dikelola oleh jurusan. Selain itu, lembaga-lembaga formal pendidikan baik di sekolah khusus, sekolah umum penyelenggara inklusi, serta kebutuhan pendamping dari para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Bahkan, kita juga tidak bisa menutup mata terhadap trend yang berkembang dewasa ini yang memposisikan layanan berkebutuhan khusus dapat diperluas di luar area/setting pendidikan.

b)      Tuntutan profesionalisasi layanan PLB. Program yang dikelola oleh jurusan tidak semata-semata berorientasi pada kegiatan dan pendidikan akademik untuk menghasilkan sarjana kependidikan dalam bidang Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Atas dasar profil kompetensi tersebut, pola manajemen dan perencanaan program juga tidak dapat lepas dari kebijakan dan mainstream organisasi profesi yang sedang berkembang. Bahkan, sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam hal sertifikasi dan profesionalisasi guru, prodi PLB-FIP- UNY telah mendapat mandat untuk menyelenggarakan program pendidikan profesi guru PLB.

c)      Karakteristik dan ruang lingkup jurusan juga dicirikan oleh keterkaitan interdisipliner bidang keilmuannya dengan disiplin ilmu lainnya. Displin keilmuan yang dikembangkan oleh jurusan tidak dapat bersifat mutually exclusive. Dalam kaitannya dengan sifat yang non-ekslusif tersebut, jurusan memiliki peluang besar untuk mengembangkan kemitraan sinergis dengan disiplin keilmuan lainnya atas dasar saling ketergantungan (interdependence each others) dan bukan atas dasar kompetisi.

 

B.     KARAKTERISTIK PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI

Karakteristik pengembangan berbagai kebutuhan dan tujuan yang akan dirumuskan jurusan PLB/Prodi PLB didasari oleh azas fundamental berikut, yaitu:

a.       Asas keselarasan dengan paradigm pembangunan pendidikan nasional dan visi kelembagaan UNY maupun FIP yang mengedepankan pengembangan ilmu pengetahuan, pembentukan karakter, dan dilandasi wawasan kebangsaan

b.      Asas penguatan kegiatan tridarma terpadu, artinya mendorong seluruh civitas akademik di Jurusan PLB untuk senantiasa mengupayakan saling keterkaitan antara pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat

c.       Asas ketaqwaan, yaitu sesuai dengan visi yang mendasari arah kinerja komunitas  program studi sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa selalu mengedepankan bahwa mengembangkan pendidikan khusus sebagai ibadah.

d.      Asas profesionalitas sebagai dasar perlunya mengedepankan pelayanan yang dijiwai oleh asas-asas profesi pendidikan khusus sesuai dengan etika profesi yang akan dirumuskan APPKhI.

e.       Asas mandiri bahwa kemandirian adalah suatu prinsip yang harus dipedomani pelaku program studi agar eksis di dalam masyarakat.

f.       Asas kreatif melandasi juga bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan di masyarakat diperlukan terobosan-terobosan tindakan kreatif agar tercapainya tujuan.

g.      Asas mampu bersinergi di masyarakat mendasari bahwa pelayanan pada anak berkebutuhan khusus perlu berbagai interdisipliner dan kolaboratif yang itu dicapai jika mampu bersinergi di masyarakat.

 

C.     ISU-ISU STRATEGIS DALAM BIDANG PENDIDIKAN KHUSUS

       Perumusan visi, misi, dan tujuan Program Studi Pendidikan Luar Biasa perlu juga didasari oleh suatu persoalan-persoalan di bidang pendidikan khusus baik di kancah lokal maupun global. Persoalan-persoalan itu yang perlu menjadi kajian arah pengembangan, agar supaya pengembangan Program Studi mampu menjawab persoalan-persoalan atau isu strategis yang sedang berkembang di bidang Pendidikan Khusus. Persoalan tersebut, antara lain:

A.    Isu Utama: PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME, INOVATIF, DAN HUMANIS

B.     Tema Utama untuk menjawab persoalan tersebut: Pendidikan Khusus Inovatif, Humanis, Inklusif, Berbasis Riset yang Berkarakter

C.     Sub Tema:

1.      Profil Individu Berkebutuhan Khusus dan Peningkatan Kualitas Kemanusia annya

2.      Pendidikan Karakter  bagi Profesi Pendidikan Khusus

3.      Peningkatan Kualitas Institusi Pendidikan Khusus

4.      Pengembangan Profesi Guru

 

D.    Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian

      Atas dasar tujuan yang hendak dicapai tersebut, visi dan misi yang dirumuskan sangat memperhatikan kondisi objektif yang ada di sekitar program studi Pendidikan Luar Biasa, baik internal maupun eksternal, serta mencakup pula kebutuhan kongkrit yang tengah dihadapi di level lokal, nasional maupun Internasional. Rumusan yang telah selesai kemudian dilokakaryakan dalam sidang dewan jurusan dengan menghadirkan beberapa stakeholder terkait, seperti perwakilan mahasiswa, pengguna lulusan dan Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus. Hasil dari penyusunan rencana strategis program Pendidikan Luar Biasa tersebut dijadikan sebagai dasar pengembangan kurikulum program PLB dan panduan bagi pengembangan kegiatan di program studi PLB.

1.      Visi Program Studi yang Konsisten dengan Visi Lembaga

VISI FIP UNY 2025

VISI PRODI PLB FIP UNY 2011 – 2015

Pada tahun 2025 Fakultas Ilmu Pendidikan diakui dunia sebagai pusat pencerahan dan pembaharuan pendidikan berdasarkan nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan; dan berwawasan kebangsaan.

Terwujudnya program studi yang unggul, humanis, dan dinamis dalam bidang pendidikan khusus

      Visi program studi PLB yang diproyeksikan dari tahun 2011 – 2015 diarahkan pada pencapaian ideal yang dicanangkan, baik universitas maupun fakultas, yakni visi lulusan yang yang unggul, humanis, dan dinamis dalam bidang pendidikan khusus. Program studi PLB mencanangkan selama lima tahun terjadi peningkatan kapasitas kelembagaan program studi yang mampu mencapai keunggulan dalam aspek pengembangan Pendidikan Khusus sebagai keilmuan multidisiplin maupun sebagai profesi, serta mendukung pembentukan kualitas lulusan yang diinginkan.

2.      Misi Program Studi

      Misi program studi PLB yang dirumuskan untuk proyeksi 2011 – 2015 juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari misi yang dicanangkan oleh universitas maupun fakultas. Misi utama kelembagaan akademik yang diemban ditujukan dalam rangka penyelenggaraan kegiatan tridharma perguruan tinggi dan penguatan kapasitas kelembagaan yang kokoh agar dapat menopang penyelenggaraan kegiatan tridharma dimaksud. Selaras dengan misi yang dijabarkan di tingkat fakultas, penyelenggaraan kegiatan pendidikan di program studi PLB difokuskan pada penyelenggaran program akademik S1 dan penyelenggaraan pendidikan profesional untuk profesi guru PLB. Misi akademik maupun profesional ini telah menjadi komitmen bersama di tingkat fakultas dan beberapa program studi yang ada di FIP.

       Salah satu capaian keberhasilan yang ingin dicapai selama lima tahun ke depan adalah terwujudnya peningkatan budaya berprestasi di kalangan mahasiswa. Target tersebut dicanangkan didasarkan atas fakta peningkatan animo calon mahasiswa dari tahun ke tahun dan intake mahasiswa dari segi prestasi akademik di tingkat pendidikan sebelumnya (SMA/SMK/MA/MAK) juga mengalami peningkatan yang berarti dari tahun ke tahun. Atas dasar itulah, pencanangan peningkatan prestasi di kalangan mahasiswa menjadi salah satu indikator nyata dari keberhasilan yang ingin dicapai program studi PLB.

Perwujudan visi program studi PLB dirumuskan dalam misi sebagai berikut:

a.       Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan program akademik dan/ataupun profesi dalam bidang pendidikan khusus guna menghasilkan lulusan yang profesional, mampu berkompetisi, bertaqwa, berkepribadian Indonesia, berwawasan global, mandiri, kreatif, dan mampu bersinergi dalam masyarakat.

b.      Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan khusus.

c.       Melaksanakan Pengabdian Masyarakat dalam bidang pendidikan khusus.

d.      Menjalin kerjasama dan koordinasi dengan lembaga-lembaga nasional maupun internasional di bidang pendidikan khusus.

e.       Menyelenggarakan aktivitas pendukung untuk pengembangan keterampilan ranah afektif dan sosial (soft-skills).

3.      Tujuan Program Studi

      Tujuan yang akan dicapai program studi PLB FIP UNY:

a.       Menghasilkan lulusan sarjana kependidikan dan pendidik/guru profesional bidang Pendidikan Khusus yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat atau pengguna layanan pendidikan khusus.

b.      Menghasilkan penelitian dan kegiatan PPM berbasis penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan praktik dan layanan pendidikan khusus maupun keilmuannya itu sendiri, serta memiliki daya publikasi yang bersifat luas di tingkat nasional maupun internasional

c.       Menampilkan kinerja kelembagaan program studi pendidikan khusus yang dinamis berlandaskan prinsip university good governance

d.      Menghasilkan insan mahasiswa yang peduli terhadap keberhasilan akademik dan menunjukkan kontribusi nyata terhadap peningkatan prestasi kemahasiswaan dan organisasi kampus

4.     Sasaran Program Studi

      Berikut ini merupakan deskripsi keterkaitan atau relevansi antara tujuan yang dirumuskan dan sasaran strategis (subjek garap) program studi PLB.

Misi Program Studi PLB

Sasaran Program Studi

Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan program akademik dan/ataupun profesi dalam bidang pendidikan khusus guna menghasilkan lulusan yang profesional, mampu berkompetisi, bertaqwa, berkepribadian Indonesia, berwawasan global, mandiri, kreatif, dan mampu bersinergi dalam masyarakat

a.    Tersedia dan terlaksananya kurikulum yang dinamis sesuai dengan pengembangan keilmuan dan kebutuhan pengguna yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran. 

b.   Terlaksananya proses pembelajaran yang menyeimbangkan teori dan praktek dengan memanfaatkan teknologi yang berorientasi pada pengembangan multi aspek baik  akademik maupun non akademik.

c.    Terlaksananya evaluasi proses dan hasil yang menekankan pencapaian multi aspek baik akademik maupun non akademik.

d.   Pengembangan dan pemanfaatan sarana pendukung pembelajaran (mengembangkan laboratorium melalui kemitraan dengan lembaga layanan anak berkebutuhan khusus sebagai  sekolah laboratorium).

e.    Pengembangan dan pemanfaatan referensi terbaru dalam kegiatan perkuliahan guna pencapaian prestasi akademik dan non akademik

 

Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan khusus.

 

a.    Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa dalam bidang keilmuan pendidikan luar biasa.

b.   Pengembangan dan peningkatan daya dukung penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang relevan dengan keilmuan pendidikan luar biasa untuk menunjang tridharma perguruan tinggi.

 

Menjalin kerjasama dan koordinasi dengan lembaga-lembaga nasional maupun internasional di bidang pendidikan khusus

Terjalinnya kerjasama dengan berbagai instansi nasoinal dan internasional yang terkait dengan layanan pendidikan khusus

 

 

Menyelenggarakan aktivitas pendukung untuk pengembangan keterampilan ranah afektif dan sosial (soft-skills).

Terciptanya iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan keilmuan, kepemimpinan, dan kewirausahaan.

 

 

 

 

VISI PROGRAM STUDI PLB

Terwujudnya program studi yang mencerah kan dan unggul di bidang pendidikan khusus berdasarkan nilai ketaqwaan, profesional, kepribadian Indonesia, mandiri, kreatif, dan mampu bersinergi di masyarakat.

MISI PROGRAM STUDI

 

Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan program akademik dan/ataupun profesi dalam bidang pendidikan khusus guna menghasilkan lulusan yang profesional, mampu berkompetisi, bertaqwa, berkepribadian Indonesia, berwawasan global, mandiri, kreatif, dan mampu bersinergi dalam masyarakat

Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan khusus.

Menjalin kerjasama dan koordinasi dengan lembaga-lembaga nasional maupun internasional di bidang pendidikan khusus

Menyelenggarakan aktivitas pendukung untuk pengembangan keterampilan ranah afektif dan sosial (soft-skills).

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

 

Menghasilkan lulusan sarjana kependidikan dan pendidik/guru profesional bidang Pendidikan Khusus yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat atau pengguna layanan pendidikan khusus.

 

Menghasilkan penelitian dan kegiatan PPM berbasis penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan praktik dan layanan pendidikan khusus maupun keilmuannya itu sendiri, serta memiliki daya publikasi yang bersifat luas di tingkat nasional maupun internasional

 

Menampilkan kinerja kelembagaan program studi pendidikan khusus yang dinamis berlandaskan prinsip university good governance

 

Menghasilkan insan mahasiswa yang peduli terhadap keberhasilan akademik dan menunjukkan kontribusi nyata terhadap peningkatan prestasi kemahasiswaan dan organisasi kampus

 

SASARAN PROGRAM STUDI

 

Tersedia dan terlaksananya kurikulum yang dinamis sesuai dengan pengembangan keilmuan dan kebutuhan pengguna yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran. 

Terlaksananya proses pembelajaran yang menyeimbangkan teori dan praktek dengan memanfaatkan teknologi yang berorientasi pada pengembangan multi aspek baik akademik maupun non akademik.

Terlaksananya evaluasi proses dan hasil yang menekankan pencapaian multi aspek baik akademik maupun non akademik.

Pengembangan dan pemanfaatan sarana pendukung pembelajaran (mengembangkan laboratorium melalui kemitraan dengan lembaga layanan anak berkebutuhan khusus sebagai sekolah laboratorium).

Pengembangan dan pemanfaatan referensi terbaru dalam kegiatan perkuliahan guna pencapaian prestasi akademik dan non akademik

Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa dalam bidang keilmuan pendidikan luar biasa.

Pengembangan dan peningkatan daya dukung penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang relevan dengan keilmuan pendidikan luar biasa untuk menunjang tridharma perguruan tinggi.

 

Terjalinnya kerjasama dengan berbagai instansi nasoinal dan internasional yang terkait dengan layanan pendidikan khusus

 

Terciptanya iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan keilmuan, kepemimpinan, dan kewirausahaan.

Berdasarkan matriks tersebut di atas, visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi pendidikan luar biasa (PLB) saling berkaitan satu dengan yang lain. Untuk mencapai visi kelembagaan yang unggul dengan kapasitas yang kuat, baik misi, tujuan, dan sasaran yang digarap, semuanya diarahkan pada pembenahan dan pemantapan sistem administrasi akademik di program studi PLB yang berbudaya mutu. Untuk mencapai kapasitas yang kokoh, program studi PLB telah memiliki modal instrumental yang memadai seiring dengan diberlakukannya Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan penetapan sasaran mutu yang tertuang dalam Sertifikasi ISO.

Begitu pula halnya dengan visi membangun keunggulan untuk pengembangan keilmuan dan menghasilkan lulusan yang bertakwa, mandiri, dan cendekia. Misi, tujuan, dan sasaran yang ditetapkan juga diarahkan pada upaya ekstensif dan intensif untuk meningkatkan kegiatan pendidikan akademik & profesional yang ditopang oleh budaya meneliti dan mengabdi pada kegiatan masyarakat, serta menumbuhkembangkan budaya berprestasi di kalangan mahasiswa.

5.     Program Pengembangan yang Akan Dilakukan

a.     Tersedia dan terlaksananya kurikulum yang dinamis sesuai dengan pengembangan keilmuan dan kebutuhan pengguna yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran.

1)      Peninjauan kurikulum dan perangkat perkuliahan secara berkala

2)      Penelitian daya serap alumni dalam dunia kerja (tracer study) dan kepuasan pengguna alumni prodi PLB UNY.

3)      Pengembangan materi perkuliahan berdasarkan hasil penelitian terbaru dalam bentuk modul, buku ajar dan pedoman perkuliahan.

b.     Terlaksananya proses pembelajaran yang menyeimbangkan teori dan praktek dengan memanfaatkan teknologi yang berorientasi pada pengembangan multi aspek baik  akademik maupun non akademik.

1)      Percepatan masa studi dan penyusunan Tugas Akhir Skripsi  setiap tahun

2)      Peningkatan kualitas publikasi TAS dalam bentuk jurnal elektronik

3)      Pengembangan laboratorium PLB sebagai pusat belajar dan pembentukan kompetensi mahasiswa (pemutakhiran perangkat asessmen dan pembelajaran) bidang pendidikan khusus

4)      Pelaksanaan pembelajaran minimal 14 kali pertemuan setiap matakuliah

5)      Pengembangan mata kuliah terpadu antara teori dan praktek 

 

c.       Terlaksananya evaluasi proses dan hasil yang menekankan pencapaian multi aspek baik akademik maupun non akademik.

1)      Peningkatan indeks prestasi mahasiswa program studi pendidikan luar biasa

2)      Memperpendek masa studi melalui percepatan penulisan tugas akhir.

3)      Memperpendek masa tunggu penyerapan lulusan melalui peningkatan relevansi kompetensi dengan kebutuhan lapangan.

4)      Evaluasi perkuliahan pada saat awal dan akhir semester.

 

d.      Pengembangan dan pemanfaatan sarana pendukung pembelajaran

1)      Pengembangan laboratorium sebagai pusat pembelajaran, penelitian,pengabdian kepada masyarakat dan layanan anak berkebutuhan.

2)      Mengembangkan laboratorium melalui kemitraan dengan lembaga layanan anak berkebutuhan khusus sebagai  sekolah laboratorium

3)      Kerjasama dengan sekolah mitra dalam proses peningkatan pembelajaran anak berkebutuhan khusus.

4)      Pemanfaatan  laboratorium PLB dalam memberikan layanan anak berkebutuhan khusus dengan sekolah mitra.

5)      Pemuthakiran sarana dan prasarana laboratorium sebagai penunjang praktikum.

6)      Pengembangan sumber belajar untuk pelaksanaan pembelajaran.

 

e.      Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa dalam bidang keilmuan pendidikan luar biasa.

1)      Terjaminnya kerjasama dengan berbagai instansi yang terkait dengan layanan pendidikan khusus.

2)      Pemantapan dan penyelenggaraan PPGPLB sesuai dengan mandat dari Ditjen Dikti, Kemendikbud, baik melalui jalur sertifikasi guru dalam jabatan maupun prajabatan

3)      Pengembangan jasa layanan profesional bidang pendidikan khusus (pelatihan, layanan pendidikan khusus)

4)      Pengembangan program unggulan program studi dengan melibatkan mitra strategis

5)      Menyelenggarakan seminar internasional dan temu kolegial profesi Pendidikan Khusus sebagai upaya memacu PLB FIP UNY menuju world class university.

f.      Terciptanya iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan keilmuan, kreativitas, kepemimpinan, dan kewirausahaan bagi mahasiswa

1)      Peningkatan peran Dosen Penasihat Akademik

2)      Peningkatan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran,  olah raga, seni dan budaya serta bidang khusus (kewirausahaan)

3)      Menstimulasi peningkatan motivasi berprestasi mahasiswa melalui serangkaian kompetisi di tingkat internal jurusan PLB, berupa LKTI, PKM, maupun skim lainnya, bahkan mendorong tercapainya prestasi mahasiswa sampai di tingkat universitas (kegiatan tahunan)

4)      Adanya pembimbingan bagi keorganisasian mahasiswa melalui dosen pembimbing mahasiswa tingkat jurusan.

5)      Menyelenggarakan KKN Tematik sebagai langkah penyesuaian darurat terhadap kebutuhan masyarakat yang siap siaga menghadapi kemungkinan bencana, maupun tematik dalam hal lainnya

g.     Peningkatan profesionalisme sumber daya dosen/peneliti dan daya dukung sarana & prasarananya yang mampu menunjukkan kinerja penelitian dan PPM berbasis hasil penelitian yang unggul

1)      Peningkatan jumlah dosen dengan kualifikasi S-3 bidang Pendidikan Luar Biasa, serta bidang lain yang serumpun (dengan tetap mempertimbangkan skala prioritas)

2)      Pendidikan dan Pelatihan dosen PLB dalam kaitannya dengan peningkatan kompetensi akademik dan kompetensi profesional sebagai Guru Pendidikan Khusus (GPK). Termasuk pula menata kembali kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai forum ilmiah, seperti seminar, konferensi, konvensi ilmiah, dan temu kolegial baik nasional maupun internasional

3)      Pengembangan Diskusi Serial Jurusan dalam bentuk Journal Club Dosen-Tenaga Ahli-Mahasiswa-Khalayak Luas dalam rangka menumbuhkembangkan budaya dan atmosfir akademik (diselenggarakan tiap 3 bulan sekali)

4)      Mendorong penempatan tenaga laboran untuk mendukung pencapaian tujuan-tujuan pengembangan jurusan PLB.

5)      Peningkatan tata kelola program studi yang mencakup penyediaan database yang mendukung kelancaran kegiatan tridarma perguruan tinggi, kebijakan program yang terencana, terarah, dan berkelanjutan, penyediaan dukungan finansial yang proporsional.

6)      Penyusunan renstra program studi PLB yang mengacu pada Renstra FIP 2014 dengan melibatkan berbagai pihak

7)      Pengembangan standard operation procedure jurusan PLB yang meliputi mekanisme pengambilan keputusan, standar administrasi dan korespondensi,

8)      Penataan mekanisme pembimbingan akademik berbasis dokumentasi elektronik

9)      Penataan efektivitas pembimbingan Tugas Akhir Skripsi (TAS), mencakup pula alur-prosedural pengajuan judul sampai dengan monitoring kemajuan TAS

10)  Pengembangan kemampuan evaluasi diri dan akreditasi jurusan/program studi setiap tahun dalam rangka penjaminan mutu akademik (dilaksanakan dalam bentuk pengembangan sistem dokumentasi dan model penyusunan laporan kegiatan yang dilakukan oleh dosen).

 

INDIKATOR KINERJA

Berikut ini merupakan tabel ringkasan yang mendeskripsikan indikator kinerja yang akan dicapai dari sasaran strategis yang telah dirumuskan dan dikembangkan dalam bentuk implementasi kegiatan atau program yang akan dilaksanakan.

 

NO

SASARAN STRATEGIS DAN INDIKATOR KINERJA

SATUAN

BASELINE

2010/2011

TARGET

2012

2013

2014

2015

1.

Peningkatan kesiapan program studi dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan S1 PLB dan pendidikan profesional konselor/guru PLB dengan indikator keberhasilan akademik yang nyata (peningkatan IPK, percepatan masa studi, dan publikasi TAS melalui jurnal ilmiah)

a.   Meningkatnya rata-rata IPK mahasiswa

Rata-rata IPK

3,32

3,35

3,40

3,42

3,45

b.   Meningkatnya masa studi ideal mahasiswa

tahun

5

4,7

4,5

4,3

4,00

c.   Meningkatnya target ideal penyelesaian TAS

semester

2

1,5

1

1

1

d.   Meningkatnya jumlah publikasi TAS dalam jurnal elektronik

karya

Belum ada

Sejumlah mahasiswa yang lulus

Sejumlah mahasiswa yang lulus

Sejumlah mahasiswa yang lulus

Sejumlah mahasiswa yang lulus

e.   Terselenggaranya program PPG-PLB dalam rangka sertifikasi guru dalam jabatan maupun pra-jabatan

Penyelenggaraan

Belum terselenggara

Belum terselenggara

terselenggara

terselenggara

terselenggara

f.    Terwujudnya pemutakhiran-cetak alat tes psikologis dalam bidang kependidikan

Revisi-cetak

Belum direvisi

-

Terevisi-cetak

Terevisi-cetak

Terevisi-cetak

2.

Peningkatan profesionalisme sumber daya dosen/peneliti dan daya dukung sarana & prasarananya yang mampu menunjukkan kinerja penelitian dan PPM berbasis hasil penelitian yang unggul dan terpublikasi luas di tingkat regional, nasional, dan internasional

a.   Meningkatnya jumlah dosen yang melakukan penelitian

orang

8

10

15

20

25

b.   Meningkatnya jumlah dosen yang mempublikasikan karya ilmiah di tingkat regional maupun nasional

orang

4

4

6

7

10

c.   Meningkatnya jumlah dosen yang mempublikasikan karya ilmiah di tingkat internasional

orang

Belum ada

-

1

2

3

d.  Meningkatnya jumlah dosen yang melakukan kegiatan PPM

orang

10

12

15

20

26

e.   Terwujudnya penerbitan jurnal ilmiah berkala yang dimiliki oleh prodi

edisi

1

2

2

2

2

f.    Meningkatnya jumlah dosen dengan kualifikasi doctor

orang

4

5

6

8

9

g.  Meningkatnya jumlah dosen yang mengikuti pelatihan di dalam negeri

orang

4

6

10

10

10

h.  Meningkatnya partisipasi dosen dalam forum  ilmiah tingkat internasional

orang

2

3

5

5

5

i.    Meningkatnya jumlah dosen dengan jabatan fungsional guru besar

orang

Belum ada

Belum ada

Belum ada

2

3

3.

Peningkatan tata kelola program studi yang mencakup penyediaan database yang mendukung kelancaran kegiatan tridarma perguruan tinggi, kebijakan program yang terencana, terarah, dan berkelanjutan, penyediaan dukungan finansial yang proporsional, dan rintisan inisiasi kerjasama/ jejaring di tingkat nasional maupun internasional

a.   Meningkatnya daya serap anggaran prodi setiap tahun

%

50%

85%

90%

95%

100%

b.   Tersusunnya laporan dari program dan kegiatan yang dilakukan dosen bersumber dari dana RKPT UNY

%

Belum ada

25%

60%

70%

85%

c.   Terwujudnya program  unggulan prodi

kegiatan

Belum ada

1

1

1

1

d.  Terwujudnya penempatan admin prodi guna mendukung kelancaran kegiatan prodi

orang

Belum ada

1

1

1

2

e.   Terimplementasikannya sertifikat ISO 9001:2008

%

10%

30%

50%

75%

85%

4.

Peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan akutalisasi diri mahasiswa dalam berbagai bidang yang mendukung tercapainya kualitas lulusan yang berkarakter dan professional

a.   Meningkatnya jumlah mahasiswa yang melaksanakan program kreativitas

kelompok

2

3

5

5

10

b.   Meningkatnya prestasi mahasiswa di bidang akademik maupun non-akademik

orang

2

3

5

5

10