Mahasiswa PLB Berprestasi dalam LKTI Nasional

Pada Kamis, 17 Desember 2015, mahasiswa UNY  berkesempatan menjadi presenter dalam seminar nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa PLB UNS Surakarta dalam rangka memperingati hari Difabel Internasional. Sebelumnya, acara ini didahului oleh Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Pengembangan Aktivitas Seni dan Olahraga Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus”.

Dalam lomba ini, tim UNY yang terdiri dari Hendrik Kusworo (PJKR), Endah Fajriani Rifai (Kimia), dan Leni Ambar Cahyani (PLB) berhasil mendapatkan juara tiga. Juara pertama diraih oleh tim dari UNS Surakarta, juara dua diraih oleh tim dari UPI, dan juara ketiga berhasil diraih oleh tim dari UNY. Ketiga tim berkesempatan menjadi presenter dalam seminar nasional tersebut.

Seminar ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Ravik Karsidi, M.S. selaku Rektor UNS. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan bahwa isu-isu inklusi pada saat ini sudah mulai terangkat. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang penyandang disabilitas masih sangat terbatas. Kebanggaan beliau menjadi bagian dari PLB disampaikan dalam suatu kalimat  “Pada saat ini, ada dua PTN yang mempunyai rektor dari PLB, yaitu UNS dan UNY,” ujar beliau.

Seminar ini juga dihadiri oleh Dr. Ridwan Roy Tutupoho, S.E., S.H., M.Si. dari Direktorat Pembelajaran Khusus Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang menyampaikan topik tentang kebijakan dikti dalam rangka perluasan akses pendidikan bagi kaum difabel di perguruan tinggi. Selain itu, disampaikan pula oleh  Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. yang mengangkat tema tentang implementasi olahraga adaptif bagi anak berkebutuhan khusus. Seminar ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari berbagai mahasiswa PLB hingga guru bagi siswa berkebutuhan khusus. (Leni Ambar Cahyani)