Mahasiswa PLB Berpartisipasi dalam LKTI di UNM Makassar

Tim dari UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai Isvi Ria Nur Afit (Pendidikan Biologi) dengan anggota Trisna Yulianto (Pendidikan Luar Biasa), Asfin Herminda Ratnaningsih (Pendidikan Luar Biasa), Fitri Ekasari (Pendidikan Luar Sekolah), dan Ummu Habibah Aquarini (Pendidikan Teknik Boga) meraih juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mipa Open and Exposition 2017 di Universitas Negeri Makassar pada tanggal 23-25 Februari 2017.

Presentasi dilakukan pada tanggal 23 Februari 2017, keesokan harinya pada tanggal 24 Februari dilakukan acara simposium, dan pada tanggal 25 Februari 2017 jalan sehat dan dilanjutkan pengumuman. Presentasi tersebut diikuti oleh 25 finalis dari 16 Universitas di Indonesia. Tim dari UNY membawa inovasi dengan judul “BBM (Busy Book Model) sebagai Penanaman dan Pembiasaan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Bergizi Seimbang pada Anak Tunagrahita”. Dalam event tersebut terdapat 4 juri dengan bidang keilmuan berbeda, yaitu fisika biologi matematika dan kimia.

Bukan suatu perjuangan yang mudah bagi tim untuk berhasil meraih juara tersebut, dimulai dari proses pengiriman abstrak, penyusunan proposal, pembuatan media pembelajaran, uji coba ke SLB Ma’arif Bantul Yogyakarta, hingga saat presentasi yang semuanya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Salah satu anggota tim mengatakan “kami sangat bersyukur atas nikmat ini, kami berterimakasih pada Allah, orang tua, dan semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan kami, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat”.

Berkat kerja keras, kerja sama tim, dan dukungan dari pihak-pihak terkait, delegasi UNY mampu menyabet juara 3 dalam perlombaan kali ini. Sementara juara 1 diraih tim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, juara 2 diraih tim Universitas Negeri Makassar, juara harapan 1 oleh Universitas Negeri Makassar, juara harapan 2 oleh Universitas Brawijaya dan juara harapan 3 oleh tim universitas Diponegoro. (Tri)