Pendampingan Program Kreativitas (PKM) Bagi Mahasiswa PLB UNY

Yogyakarta, 29 Januari 2024 – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh SIMBELMAWA menjadi salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa di Indonesia. Sebagai upaya memastikan kualitas proposal yang dihasilkan, Departemen Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ( FIPP ) menggelar sesi pendampingan brainstorming ide yang dimoderatori oleh Adi Suseno S.Pd., M.S. sebagai Pembimbing Kemahasiswaan PLB.

Acara yang berlangsung di platform Zoom Meeting tersebut dihadiri oleh ibu Dr. Sukinah, M.Pd. sebagai Ketua Departemen PLB sekaligus membuka acara dan memberikan sambutan serta pemaparan terkait konsep lomba PKM. Dalam sambutannya, ibu Sukinah mengungkapkan harapannya agar mahasiswa PLB mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menyusun proposal PKM.

Menariknya, sesi brainstorming ini tidak hanya melibatkan mahasiswa dan pembimbing kemahasiswaan, tetapi juga melibatkan 2 guru besar sebagai narasumber yang berpengalaman dalam bidang Pendidikan Luar Biasa serta dalam PKM yaitu Prof. Dr. Ishartiwi M.Pd. dan Prof. Dr. Hermanto M.Pd.. Beliau hadir sebagai penggali ide untuk membantu mahasiswa PLB mengembangkan konsep dan ide-ide yang mendalam.

Dihadiri sebanyak 207 mahasiswa PLB yang tampak antusias dalam menyambut kegiatan ini, dengan membawa beragam ide segar untuk dikembangkan bersama. Sesi berlangsung interaktif, dimana mahasiswa secara bergantian mempresentasikan ide-ide mereka, dan mendapatkan umpan balik konstruktif dari moderator dan narasumber.

"Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat melahirkan ide-ide yang tidak hanya kreatif, tetapi juga berdaya guna dalam konteks Pendidikan Luar Biasa. PKM bukan hanya tentang meraih juara, tapi juga tentang memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan." Ucap Ishartiwi.

Dengan berakhirnya sesi brainstorming ini, diharapkan mahasiswa PLB UNY dapat menghasilkan proposal PKM yang berkualitas dan kompetitif di tingkat Nasional, serta mampu menjadi kontributor utama dalam peningkatan kualitas pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. (dan)

Tags: